Oleh: elheru | Oktober 6, 2008

pantai desa sawarna

pulo manuk

karang taraje

berbekal info dari seorang teman yang pernah ke Banten Selatan, dan di pandu dengan google earth, akhirnya saya dan keluarga berkesempatan pergi ke sana. Tujuan kami adalah mengunjungi berbagai obyek wisata pantai yang relatif masih alami di daerah Bayah dan Sawarna.

Berangkat dari jakarta menuju Bayah via serang timur – pandeglang – saketi – Banjar sari dan malingping di hari kedua lebaran membutuhkan waktu hampir 8 jam karena kemacetan yang kami alami sejak keluar tol serang timur sampai saketi.

saya perkirakan bila hari biasa, mungkin jarak Jakarta-Bayah sekitar 230 an km ini bisa ditempuh dalam waktu 5-6 jam. Perjalanan baru terasa agak menyenangkan ketika kami sudah mendekati Malingping. suasananya agak berbeda dengan tempat lain.

jarak 40an km antara Malingping dan Bayah terasa sangat indah karena kami disuguhi pemandangan laut yang eksotis di sebelah kanan jalan.

di Daerah Cihara kami sempatkan mampir kepantai pasir putih dan menikmati deburan ombak yang kencang. kami sempat berfoto2 disana.

Tiba di Bayah kami menginap disebuah hotel sederhana namun bersih dan harga sewa kamar yang relatif murah. untuk makan kami tidak terlalu risau karena ada beberapa warung makan sederhana yang bisa kami datangi. berbagai kebutuhan seperti snack dan air mineral bisa kami dapat di dua minimarket yang ada disana.

pagi harinya kami bangun dan mencium aroma khas pedesaan di Bayah ini. sebuah sensasi yang jarang kami dapati di Jakarta.

kami segera mandi, berkemas dan langsung menuju pantai karang Taraje. sebuah pantai yang penuh dengan karang yang indah di pantai. sayang pantai ini tidak terkelola baik. lalu kami menuju pantai pulo manuk. Di pantai berpasir putih ini kami dapat berenang karena lautnya landai, dan di tengah ada sebuah pulau karang dimana burung burung dari Australia biasa bermigrasi ketika musim dingin tiba.

lalu kami lanjutkan perjalanan menuju kawasan desa Sawarna dimana terdapat pantai pantai yang masih alami, belum tersentuh pembangunan. kami melewati hutan dan jalan terjal berliku sejauh kurang lebih 4km sebelum akhirnya tiba di sana. kami menghabiskan banyak waktu di daerah ini.

setelah makan siang kami berangkat lagi meninggalkan desa Sawarna dan berencana menuju pelabuhan Ratu melalui Cibangban. Jalanan berliku liku dan terjal. di daerah Pasir Habibi kami lagi lagi disuguhi pemandangan yang menakjubkan indahnya. dari ketinggian bukit kami memandang bibir pantai Cibangban yang indah mempesona. mengingatkan kami tentang kawasan Kintamani di Bali. bedanya kintamani pemandangan danau sedangkan pasir habibi laut lepas dengan warna hijau dan biru yang menantang.

setelah puas memandangi pemandangan disana sekitar 1 jam lamanya  kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan ratu yang kala itu di penuhi dengan wisatawan yang menghabiskan waktu liburan lebaran.

kami tidak berencana mampir di pelabuhan ratu mengingat penuhnya tempat wisata disana dengan pengunjung yang datang. dan kami melanjutkan perjalanan kami menuju bandung melalui sukabumi dan cianjur.

Tanggapan

1. Dear Elderu, menarik sekali perjalanannya..
    Kami sekeluarga ingin sekali berpetualang ke Sarwana.
    Namun suami saya mempertanyakan dimana kami bisa menginap. Apakah Pak Elderu masih punya nomor telpon hotel tsb?
    Selama perjalanan diBanten Selatan ini apakah jalan senidri atau perlu ditemani dg penunjuk jalan. Kalau ada mohon nomor telpon penunjuk jalannya?
    Selama perjalanan dr Bayah ke Sarwana langsung ke Bandung apakah dengan kendaraan sendiri atau harus sewa kendaraan setempat?
    Trm ksh byk atas perhatiannya.
    Salam,
    Dea

• ibu Dea yth, di bayah hanya ada dua atau 3 hotel kelas melati. tempat kami menginap waktu itu hotel pesona Ayu. tarif antara 75 rb s/d 250 rb semalam. kami ke banten selatan waktu itu hanya berbekal informasi dari internet dan google earth. jarak bayah ke sawarna tidak jauh sekitar 10 – 15 km saja. tidak ada penginapan di sawarna kecuali homestay. kami waktu itu naik kendaraan sendiri ,bu Dea. tapi barangkali bisa juga charter kendaraan kesana bu. karena tidak ada kendaraan umum. sawarna masih relatif perawan bu jarang wisatawan datang kesana karena letaknya terpencil. tapi disitulah letak eksotisnya. oh ya di bayah ada pom bensin, alfamart dan juga indomart juga ada beberapa warung makan di dekat hotel. saya pernah dapatkan kartu nama hotel pesona ayu, namun hilang. tapi mudah kok cari penginapan di bayah. selamat bertamasya. bu Dea.