Oleh: elheru | Juli 22, 2010

Wisata Jalur SSB – Solo Selo Borobudur

Melewati jalur ini dari Solo menuju Purwokerto sebenarnya bukan alternatif bijaksana bila waktu tempuh menjadi tolak ukurnya. Namun kami ambil juga jalur ini karena kami ingin melihat suasana lain sepanjang perjalanan.

Berangkat sekitar jam 8 pagi dari Solo, kami menuju Boyolali dan terus menanjak menuju jalur disela sela gunung Merapi dan Merbabu. Perjalanan begitu menarik dan menantang karena disepanjang jalan kami disuguhkan pemandangan pegunungan. Merapi di sebelah kiri dan Merbabu di sebelah kanan.

2 jam kemudian kami tiba di desa Samiran. Kami melihat plang menuju puncak merapi disebelah kiri jalan. Saya agak ragu untuk mengunjungi tempat yang mereka sebut degan New Selo itu. mengingat kondisi mobil dan jumlah penumpang 6 orang ditambah dengan tas dan bawaan lain dari Solo.

Namun saya tetap belok kiri seraya bertanya2 dalam hati apakah mobil ini mampu menanjak tanjakan yang begitu curam. mobil terasa sangat menderu ketika kami sudah berada pada setengah perjalanan. dan ketika mencapai dua pertiga perjalanan feeling saya mengatakan mobil tidak mampu lagi menanjak, maka segera saya belokkan kepekarangan rumah orang karena tidak ada tanah landai disepanjang jalan, dan berbalik arah. Sungguh mengecewakan memang, tapi apa boleh buat. saya tidak mau mempertaruhkan 6 nyawa didalam mobil.

lalu kami pikir kami pasti akan dapat view ditempat lain. dan ternyata benar. dipinggir jalan raya Selo kami berhenti dan menikmati pemandangan puncak merapi, walau tidak terlalu dekat. Puas disana, kami lanjutkan perjalanan kami menuju Magelang. pemandangan indah dikiri kanan jalan terus kami nikmati, sampai akhirnya kami tiba di Ketep Pass. sebuah obyek wisata antara Selo dan Magelang.

my family and Merapi

Mbah Kung dan Mbah Putri berpose

Pemandangan di Katep

Pakai Binocular supaya lebih jelas

my family in Ketep Pas

Pemendangan di Ketep ini juga menarik karena kami disuguhi sebuah bentangan luas dengan puncak merapi di kejauhan sebagai latarnya. Kami berada disini selama 1 jam sebelum kami kembali melanjutkan perjalanan kami menuju Purwokerto Via Magelang,Wonosobo, Banjarnegara dan Purbalingga.

Kami tiba di Purwokerto sekitar jam 5.30. So hampir 10 jam. Padahal kalau lewat jalur selatan hanya butuh 6 – 7 jam saja. tapi kami puas atas perjalanan ini